Kamis, 23 September 2021

Yuk Simak Macam Macam Komponen Yang Terdapat Dalam Spare Part AC

Yuk Simak Macam Macam Komponen Yang Terdapat Dalam Spare Part AC

Hidup di Negara yang memiliki iklim tropis seringkali menjadikan penduduknya merasakan panas saat memasuki musim kemarau. Untung saja, kecanggihan teknologi yang ada saat ini dapat mendinginkan suhu ruangan yang panas. Spare part AC dapat membantu pendingin ruangan bekerja secara maksimal. Yuk simak macam macam komponen yang ada dalam AC disini!

Macam Macam Komponen Yang Ada Dalam AC 

1. Komponen Utama

Air conditioner atau biasa dikenal dengan sebutan AC ini dapat berjalan dengan baik apabila memiliki komponen suku cadang yang lengkap. Selain lengkap, pendingin ruangan juga dapat berfungsi seperti sebagaimana mestinya jika komponennya memiliki kondisi yang baik. Saat terdapat kerusakan pada salah satu komponen, maka kinerja AC akan berkurang.

Bahkan, kondisi komponen yang tidak baik dapat menyebabkan AC tidak dapat berfungsi sama sekali. Salah satu suku cadang yang dapat menjadikan hal itu terjadi adalah terdapat pada komponen utama AC. Bagian komponen yang satu ini memiliki peran yang penting pada sistem kerja AC untuk mendinginkan udara. 
Macam macam suku cadang yang terdapat pada komponen utama antara lain adalah kondensor, kompresor, pipa kapiler, dan evaporator. Kondensor merupakan alat yang berfungsi untuk mengubah refrigerant yang berwujud gas menjadi cair. Sedangkan kompresor adalah spare part AC yang memiliki fungsi sebagai pusat sirkulasi refrigeran. 

2. Komponen Pendukung 

Sesuai dengan namanya, komponen suku cadang satu ini termasuk kedalam kelompok yang memiliki fungsi sebagai pendukung kinerja komponen utama AC. Dengan bantuan komponen pendukung, pendingin ruangan dapat berfungsi dan berjalan dengan baik. Accumulator, strainer, blower, dan pelumas kompresor termasuk kedalam suku cadang komponen pendukung. 

Accumulator merupakan komponen pendukung yang memiliki fungsi untuk menampung campuran minyak dan refrigerant cair yang bersuhu rendah secara sementara. Sedangkan strainer merupakan suku cadang komponen pendukung yang berfungsi sebagai penyaring kotoran udara yang terbawa dalam refrigeran. 

Blower atau kipas pada komponen pendukung memiliki tugas untuk mensirkulasikan udara di dalam ruangan melalui evaporator. Sedangkan pelumas kompresor merupakan spare part AC yang dihadirkan untuk melumasi bagian kompresor bergesekan supaya tidak aus. Selain itu, pelumas kompresor juga memiliki fungsi sebagai pendingin kompresor. 

3. Komponen Kelistrikan 

Karena dijalankan menggunakan tenaga listrik, komponen kelistrikan menjadi salah satu bagian pada suku cadang yang penting pada AC. Komponen satu ini terdiri dari beberapa macam diantaranya adalah PCB kontrol, overload, kapasitor, mode listrik, thermistor. Jika salah satu jenis pada komponen kelistrikan tersebut rusak, maka AC tidak dapat berjalan dengan semestinya. 

4. Komponen Pendingin Atau Refrigerant

Zat yang mudah berubah wujud dari gas menjadi cair ataupun sebaliknya merupakan bahan yang digunakan untuk dapat menjalankan mesin pada air conditioner. Refrigerant memiliki fungsi sebagai penyerap panas yang berasal dari udara dalam ruang. Sehingga, setelah melewati proses AC tersebut, udara yang ada di ruangan dapat berubah menjadi dingin. 

Spare part AC refrigerant ini perlu diperhatikan dengan baik. Karena apabila pemasangannya tidak tepat, maka akan menimbulkan kebocoran. Tidak hanya itu saja, biasanya penyebab umum kerusakan yang terjadi pada pendingin ruangan yakni karena komponen yang digunakan tidak memiliki kualitas yang baik. 

Apabila ingin memiliki pendingin ruangan yang awet, pastikan anda memilih produk AC yang memiliki suku cadang berkualitas. Selain memiliki komponen yang berkualitas, anda juga perlu melakukan perawatan pendingin ruangan secara rutin. Dengan begitu, anda bisa menikmati penggunaan AC yang berkualitas secara nyaman dan tahan lama.