Senin, 07 September 2020

Yuk Simak Kegunaan, Dosis, Serta Efek Samping Obat Cendo Xitrol

Yuk Simak Kegunaan, Dosis, Serta Efek Samping Obat Cendo Xitrol

Infeksi mata dapat terjadi karena diakibatkan oleh bakteri, virus, jamur, dan juga parasit. Salah satu obat yang dapat meredakan infeksi mata akibat bakteri yaitu Cendo Xitrol, dimana obat ini memiliki kandungan bahan aktif polymyxin dan neomycin. Kandungan tersebut dapat bekerja efektif untuk menghentikan pertumbuhan bakteri. Selain itu, obat ini juga mengandung deksametason, yang dapat bekerja untuk mengurangi pembengkakan.

Obat Mata untuk Infeksi Bakteri

1. Kegunaan

Obat ini akan bekerja efektif untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri, namun penggunaan obat yang tidak perlu justru dapat mengakibatkan tubuh menjadi lebih rentan. Jadi, sebaiknya gunakan obat ini dengan arahan yang benar dari dokter atau petunjuk pemakaian yang terdapat pada luar kemasan. Serta pelajari cara pemakaiannya dengan benar, agar obat bisa bekerja dengan baik untuk mengatasi masalah kesehatan yang ada.

Obat mata ini hanya boleh digunakan terhadap pemakaian luar, yaitu dengan cara diteteskan atau dioles secara langsung pada mata. Jika anda menggunakan lensa kontak, maka lepaskan terlebih dahulu sebelum meneteskan obat Cendo Xitrol tersebut. Dan cuci tangan dengan bersih sebelum melakukan pengaplikasian obat. Pastikan juga pipet tidak tersentuh, dan obat ditutup dengan rapat setelah anda selesai menggunakan.

Anda dapat memilih posisi yang menurut anda paling nyaman, bisa berbaring maupun mendongak. Buka mata lebar-lebar, kemudian arahkan pandangan mata ke arah atas. Pencet perlahan pipet agar obat dosis obat yang masuk ke dalam mata tidak berlebihan. Berhati-hatilah, pastikan ujung dari pipet obat tersebut tidak menyentuh apapun agar tidak terkontaminasi oleh kuman. Lalu tutup mata selama 2 hingga 3 menit agar obat meresap ke dalam mata.

Sebelum menggunakan obat tersebut, penting bagi anda untuk mempertimbangkan segala manfaat serta risiko yang bisa terjadi. Pasalnya, obat ini tidak bisa digunakan secara sembarangan. Beri tahu dokter terlebih dahulu jika anda memiliki alergi atau riwayat penyakit mata, dan jika anda sedang hamil atau menyusui. Informasi-informasi tersebut perlu diketahui oleh dokter sebelum memberikan saran dalam penggunaan obat.

2. Dosis Obat

Obat mata ini tersedia dalam bentuk mata dan salep, untuk bentuk tetesnya, dosis obat ini untuk mengatasi infeksi mata ringan pada orang dewasa yaitu 1 hingga 2 tetes sebanyak 4-6 kali dalam satu hari. Sedangkan untuk penderita anak-anak, sebaiknya obat Cendo Xitrol diberikan di bawah pengawasan dokter dan tidak dilakukan secara otodidak. Silahkan anda melakukan konsultasi ke tenaga medis yang ahli terlebih dahulu untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga : Tips Mandi yang Baik untuk Kesehatan

3. Efek Samping

Beberapa efek samping yang dapat terjadi dari penggunaan obat mata ini yaitu nyeri, gatal, ketajaman mata menurun, kemerahan, bengkak, dan sensasi panas pada area mata. Dalam kasus yang parah, obat ini juga bisa memicu reaksi alergi yang cukup serius seperti sulit menelan, nyeri pada tenggorokan, sesak napas, bengkak pada area bibir, wajah, mulut, lidah, serta tenggorokan.

Efek samping obat ini mungkin berbeda-beda pada setiap penderita. Jadi, tidak semua orang akan mengalami efek samping tersebut. Mungkin ada juga beberapa efek samping yang tidak disebutkan sebelumnya. Bila anda merasa khawatir mengenai efek samping dari obat Cendo Xitrol ini, maka lakukan konsultasi pada dokter atau apoteker terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Dokter akan memberikan informasi yang lebih detail dan lengkap, termasuk juga dosis, keamanan, serta interaksi dari obat satu ini. Dan kini anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter secara mudah melalui fitur tanya dokter di halodoc. Dokter di sana akan menjawab berbagai pertanyaan anda dengan baik dan jelas. Anda juga dapat mengunjungi website dhammakid.com untuk informasi mengenai obat-obatan lainnya.

Reaksi: