Jumat, 25 September 2020

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh, Intip Tips Memilih Vitamin C yang Bagus Disini

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh, Intip Tips Memilih Vitamin C yang Bagus Disini


Suplemen tambahan telah lama dipercaya oleh banyak orang sebagai makanan tambahan, yang dapat membantu melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral harian dalam tubuh. Masyarakat pada umumnya meyakini bahwa suplemen tambahan baik dikonsumsi setiap hari, salah satunya suplemen vitamin C. Bagi anda yang ingin membeli suplemen vitamin C yang bagus, maka perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini.

Tips Memilih Vitamin C yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

1. Pilih yang Memiliki Tingkat Keasamannya Mendekati Netral

Usahakan tidak asal membeli vitamin C, karena anda harus tahu suplemen manakah yang memiliki tingkat keasaman mendekati netral. Hal ini dikarenakan pada umumnya vitamin ini bersifat asam dengan pH sekitar 3 hingga 4. Sementara lambung anda memiliki rasa yang sensitif terhadap asam. Jika anda memilih vitamin C yang terlalu asam, hasilnya lambung anda akan perih dan tentunya akan berbahaya untuk yang mengidap penyakit maag.

Oleh karena itu usahakan untuk memilih suplemen vitamin ini yang memiliki tingkat keasamannya mendekati pH air yaitu sekitar 6 hingga 7. Semakin mendekati pH normal yakni 7, maka dipastikan suplemen tersebut akan semakin aman untuk dikonsumsi tiap hari dan tentunya bermanfaat bagi kesehatan lambung. Selain itu suplemen vitamin C yang bagus ini juga terdiri dari beragam bentuk, yaitu sirup dan juga tablet.

2. Pilih yang Memiliki Daya Serap Cepat Oleh Tubuh

Mayoritas orang akan memilih vitamin C yang memiliki dosis cukup tinggi, dengan tujuan agar suplemen tersebut bisa memberikan manfaat yang maksimal pada tubuh. Padahal anggapan tersebut sangat keliru, dikarenakan dosis yang tinggi tidak menjadi jaminan vitaminnya dapat mudah diserap oleh tubuh. Vitamin C yang diserap paling efektif sekitar 250 miligram per hari, jadi lebih baik anda memilih suplemen dengan dosis yang sesuai kebutuhan.

Bahkan dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa semakin tinggi dosis vitamin C yang masuk ke dalam tubuh, maka semakin tinggi pula persentase jumlah yang terbuang. Oleh karena itu dosis yang tinggi bukanlah jaminan vitamin C bisa terserap lebih banyak oleh tubuh, sehingga vitamin yang terkandung dalam suplemen tersebut akan terbuang secara percuma. Pilihlah suplemen vitamin C yang bagus dengan dosis tidak terlalu tinggi, dan pilih yang sesuai kebutuhan tubuh anda.

Vitamin C ini biasanya membutuhkan proses metabolisme yang cukup panjang sebelum memberikan manfaat pada tubuh. Tahapan tersebutlah yang membuat vitamin ini lebih banyak terbuang daripada terserap oleh tubuh. Namun ada vitamin C tertentu yang memiliki tahap lebih pendek dari biasanya, yakni yang dilengkapi dehidroaskorbat dan kalsium threonat. Ketika masuk ke tubuh, vitamin ini tak perlu lagi menjalani proses metabolisme yang panjang dalam tubuh. 

3. Pilih yang Memiliki Tingkat Oksalat Lebih Rendah

Bagi anda yang ingin memilih vitamin C, sebaiknya cari yang memiliki oksalat rendah. Hal ini dikarenakan saat anda mengkonsumsi vitamin C dengan dosis tinggi secara terus menerus, maka ada potensi pengendapan oksalat di ginjal anda. Oksalat sendiri merupakan suatu metabolit akhir dari vitamin C yang tidak terserap secara sempurna, serta bisa membahayakan karena berpotensi menyebabkan batu ginjal. Untuk itu vitamin C yang bagus tentunya memiliki oksalat yang rendah.

Dengan mengetahui berbagai tips sebelum membeli vitamin C, tentunya akan memberikan dampak yang baik bagi tubuh anda. Karena vitamin ini mampu memberikan segudang manfaat untuk anda seperti menjaga daya tahan tubuh, merawat kesehatan kulit, mencegah terserang beragam penyakit yang berbahaya, dan masih banyak lainnya. Selain memastikan kebutuhan vitamin, anda juga perlu menjaga pola makan untuk menyeimbangkannya.
Reaksi: