Senin, 28 September 2020

Bukit Pasir Busung, Nuansa Eksotis Gurun Sahara di Pulau Bintan

Bukit Pasir Busung, Nuansa Eksotis Gurun Sahara di Pulau Bintan
Source: idntimes.com
 
Apakah Anda berencana untuk berlibur ke kawasan Bintan di Kepulauan Riau? Sebagai salah satu pulau utama di Kepulauan Riau, Bintan memang merupakan destinasi liburan yang dekat dari Singapura. Saat Anda berada di sini, pastikan untuk mengunjungi spot-spot wisata menarik yang tak boleh dilewatkan.

Selain terkenal akan resort dan wisata baharinya, Bintan ternyata masih menyimpan pesona lain. Di antaranya adalah Gurun Pasir Bintan atau kerap disebut Bukit Pasir Busung. Benar, Anda tak salah baca kalau Indonesia memiliki gurun pasir bak kawasan Timur Tengah. Di Bukit Pasir Busung Bintan, pelancong akan merasakan sensasi Gurun Sahara.

Dalam beberapa waktu terakhir, Gurun Pasir Bintan memang sedang naik daun di kalangan anak muda Kepulauan Riau dan wisatawan. Pasalnya, Bukit Pasir Busung menawarkan spot instagramable yang disenangi kaum milenial. Eksotisme gurun pasir akan menjadi latar foto menarik untuk diunggah ke media sosial.

Lokasi Gurun Pasir Bintan

Gurun Pasir Bintan berada di Jalan Raya Busung, Busung, Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Karena beralamat Desa Busung, maka bukit ini pun dinamakan Bukit Pasir Busung. 

Untuk menuju ke Gurun Pasir Busung, maka Anda harus melalui Desa Busung di Jalan Lintas Tanjungpinang-Bintan. Saat menemukan bukit pasir di sebelah kiri jalan ke arah Bintan, maka artinya Anda telah menemukan Bukit Pasir Busung.

Lokasinya yang mudah diakses karena berada di pinggir jalan menjadikan gurun pasir ini ramai pengunjung. Dari Kota Tanjungpinang, Anda hanya perlu naik kendaraan dengan menempuh jarak sekira 47 kilometer atau kurang lebih 40-60 menit saja.

Jadi, jika Anda bermimpi untuk menjelajahi Gurun Sahara, maka tak perlu khawatir lagi karena harus jauh-jauh ke Afrika. Cukup ke Pulau Bintan di Provinsi Kepulauan Riau dan destinasi yang tak kalah menakjubkannya pun tersedia di Indonesia. Apalagi, Anda tak perlu membayar tiket masuk seperti objek wisata pada umumnya. Cukup membayar biaya parkir Rp2.000 untuk motor dan RP5.000 untuk mobil saja dan keindahan Gurun Pasir Bintan siap menyambut kedatangan.

Bekas Tambang Pasir

Bukan hanya unggul dalam aspek kemudahan akses, Gurun Pasir Busung siap memanjakan pengunjung dengan panorama menawan. Hamparan gundukan pasir seluas 6.000 hektar akan menjadi objek menarik untuk diabadikan sebagai konten Instagram. Usut punya usut, keindahan Gurun Pasir Bintan ini merupakan akibat dari penambangan pasir yang ditinggalkan dan terabaikan.

Ternyata, gurun pasir ini adalah bekas tambang pasir bauksit yang telah mengalami sedimentasi selama bertahun-tahun lamanya. Area ini sempat terlantar sejak dibuka pada 1980-an. Namun, warga pun secara berinisiatif mengelola kawasan bekas pertambangan ini karena melihat potensi pariwisata dari pesona keindahan alam yang sulit ditemukan di tempat lain.

Tempat Terbaik untuk Menenangkan Pikiran

Source: bintantravel.co.id
 
Gurun Pasir Bintan dapat menjadi alternatif jika ingin menikmati keheningan alam di Bintan. Ketimbang area resort dan pantai yang selalu ramai wisatawan, Bukit Pasir Busung adalah opsi terbaik untuk menenangkan pikiran.

Hembusan angin yang berpadu dengan cuaca terik di Bintan akan menambah keseruan dalam berpetualang. Karena udara cukup terik saat siang hari, maka sebaiknya datanglah pada pagi atau sore hari.

Sesekali, hembusan angin berpadu dengan cuaca terik khas Bintan makin menambah seru petualangan kamu di Gurun Pasir Busung. Cocok buat kamu yang lagi butuh ketenangan dan kedamaian di hati dan pikiran.

Jika ke sini lebih baik persiapkan camilan dan minuman dari rumah atau penginapan karena di sana tak ada penjual makanan dan minuman. Udaranya cukup panas saat siang hari, jadi lebih baik datang saat pagi atau sore hari.

Memiliki Spot Foto Instagenik ala Timur Tengah

Source: klikhotel.com
 
Bukit Pasir Busung sungguh mengukuhkan dirinya sebagai destinasi wisata hits di kalangan pelancong. Bahkan, popularitas padang pasir ini telah mencapai negeri jiran, seperti SIngapura dan Malaysia. Kepopuleran objek wisata ini juga tak terlepas dari usaha giat masyarakat setempat untuk mengembangkan Gurun Pasir Bintan ini.

Di antara spot foto buatan di destinasi kekinian ini adalah unta-untaan, tulisan unik, hingga bentuk-bentuk menarik dengan latar belakang berupa padang pasir. Unta-untaan di Bukit Pasir Busung benar-benar mirip sehingga Anda akan mengira jika berada di Gurun Sahara. Untuk berfoto di spot instagramable tersebut, maka pengunjung dikenakan tarif senilai Rp5.000 hingga Rp10.000. 

Telaga Cantik Bak Oase Gurun

Source: tribunnews.com
 
Jika Gurun Sahara memiliki oase, maka Gurun Pasir Busung memiliki telaga biru. Telaga menawan ini kerap disebut Danau Biru karena airnya yang sebening kristal berwarna biru. Danau tersebut terbentuk karena cekungan-cekungan yang menjadi bekas galian pasir. Air hujan pun turut bercampur ke telaga ini. Pemandangan indah ini akan sayang sekali jika dilewatkan. Jadi, jangan lupa untuk mampir ke Danau Biru jika berlibur ke Gurun Pasir Bintan.

 
Bagaimana? Sudah siap menjelajahi destinasi Bintan terhits di atas? Yuk, jangan mau ketinggalan dengan wisatawan lain! Segera atur jadwal liburan dan itinerary Anda. Jangan lupa, kunjungi Wonderful Indonesia untuk mendapatkan informasi wisata menarik di Bintan dan daerah Indonesia lainnya.
Reaksi: