Selasa, 28 Juli 2020

Mampu Menggoyang Lidah, 6 Kuliner Surabaya yang Tidak Boleh Dilewatkan

Mampu Menggoyang Lidah, 6 Kuliner Surabaya yang Tidak Boleh Dilewatkan

Berlibur ke kota Pahlawan tentu tidak boleh melewatkan berbagai spot menarik tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah. Tidak hanya itu, ibukota provinsi Jawa Timur ini juga terkenal dengan berbagai kulinernya yang sangat lezat. Tersedia berbagai wisata kuliner legendaris yang tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan. Sederet kuliner Surabaya memberikan pilihan menarik dengan harga yang terjangkau. Yuk intip pilihannya di bawah ini!

Kuliner Kota Pahlawan yang Tidak Boleh Dilewatkan

1. Nasi Goreng Jancuk

Menu satu ini tergolong biasa di telinga masyarakat Indonesia, tetapi cita rasa dari makanan ini yang menjadikannya sangat unik. Asal muasal nama ini yang membuat banyak orang penasaran sehingga ramai pembeli. Anda dapat memesan nasi goreng dengan level kepedasan yang sangat tinggi, sehingga keluar umpatan khas arek Suroboyo. Gerai nasi goreng ini berada di Royal Plaza dengan porsi yang sangat besar, yaitu sekitar empat sampai lima orang.

2. Es Krim Zangrandi

Kota Surabaya memiliki suhu yang cukup tinggi, sehingga cuacanya terasa panas di tempat ini. Hal ini membuat salah satu kuliner Surabaya, es krim Zangrandi ramai oleh pengunjung. Selain untuk melegakan dahaga dan memberikan efek sejuk, es ini juga dapat memberikan rasa yang unik. Sebagai kuliner legendaris, Zangrandi telah berdiri lebih dari setengah abad dengan cita rasa yang tetap terjaga dan harga yang terjangkau, yaitu sekitar 24 ribu rupiah.

3. Sate Klopo Ondomohen

Nama dari sate satu ini tampak unik dan mampu menarik perhatian banyak orang, mulai dari lokal hingga turis. Menu yang tersedia untuk anda cukup beragam, yaitu daging sapi, ayam, usus, udang, atau sumsum. Proses memasaknya sama seperti sate pada umumnya, yaitu dibakar dan disajikan dengan bumbu sate. Yang membuat cita rasa sate ini unik dan gurih ialah proses sebelum pembakaran. Daging terlebih dahulu dibumbui dengan kelapa sangria.

4. Soto Ayam Lamongan Cak Har

Soto ayam adalah makanan legendaris Indonesia, tetapi tetap melekat di lidah penggemarnya. Kuah kuning dari soto Lamongan ini cukup menggoda, baik penglihatan maupun pengecapan. Kuliner Surabaya ini dapat anda tambahkan koya untuk memberikan cita rasa yang gurih sesuai dengan selera anda. Selain itu, anda juga dapat memesan seporsi soto ayam dengan pilihan daging yang sesuai keinginan seperti daging tanpa kulit atau meminta bagian dada.

5. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Tentu sudah tidak asing dengan makanan tradisional khas kota Pahlawan satu ini. Anda dapat merasakan paduan lontong tahu goreng, tauge, dan lentho dalam siraman kuah segar. Tidak hanya itu, para pelanggan juga dapat menambahkan sate kerang dan es kelapa muda sebagai pelengkap. Menariknya, cita rasa dari lontong balap ini tidak pernah berubah karena telah menggunakan warisan keluarga dengan harga yang terjangkau.

6. Rawon Setan Mbak Endang

Rawon adalah salah satu makanan khas dari Surabaya, sehingga tidak boleh anda lewatkan. Cita rasa pedas yang ditawarkan oleh Rawon Setan tidak ada duanya. Asal usul dari nama makanan ini berawal dari warung yang buka di malam hari, yaitu pukul 10 malam. Di waktu ini identik dengan keluarga setan, sehingga terkenal dengan sebutan Rawon Setan. Kuliner Surabaya ini juga memberikan beragam lauk, seperti tempe, perkedel, empal, dan lainnya.

Berlibur ke Jawa Timur terasa lengkap bila mengunjungi kota Pahlawan sebagai saksi sejarah dari perjuangan bangsa Indoensia. Anda dapat berwisata sejarah agar dapat menambah ilmu pengetahuan. Selain itu, terdapat sederet wisata kuliner yang wajib dicoba saat bermain ke kota ini, seperti Nasi Goreng Jancuk, Es Krim Zangrandi, Sate Kelopo Ondomohen, Soto Ayam Lamongan Cak Har, Lontong Balap Garuda Pak Gendut, dan Rawon Setan Mbak Endang. 

Reaksi: