Rabu, 17 Juni 2020

Inilah 3 Cara Mudah Membuat Masker Kain Sendiri

Inilah 3 Cara Mudah Membuat Masker Kain Sendiri

Kasus positif corona di Indonesia semakin bertambah setiap harinya. Jumlahnya tentu saja bukan angka yang kecil. Per tanggal 16 Juni 2020 saja, jumlah kasus positif corona bertambah sebanyak 1.106 kasus, sehingga jumlahnya menjadi 40.400 kasus. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa kasus ini masih akan bertambah setiap harinya, sehingga Anda wajib untuk menggunakan masker kain.

Menggunakan masker menjadi salah satu langkah tepat untuk mencegah penularan virus corona. Namun, penggunaan masker medis tidak disarankan untuk Anda yang sehat. Masker ini hanya diperuntukkan untuk orang yang sakit dan juga tenaga medis yang bertugas. Selain itu, stoknya pun terbatas, sehingga tidak bisa digunakan secara bebas.

Membuat masker sendiri

Masker jenis kain menjadi alternatif terakhir selama pandemic ini masih merebak. Oleh karena itu, Anda bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Caranya sangat mudah. Cukup ikuti langkah-langkahnya seperti ulasan di bawah ini.

1. Masker Kain dengan Jahit Tangan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat masker tanpa bantuan mesin jahit. Ini tentu saja sangat mudah untuk dilakukan karena bahan-bahan yang digunakan pun tidak sulit dicari. Pertama, Anda harus menyiapkan jarum, benang jahit, gunting, kain perca bahan katun, dan tali sepatu.

Cara membuatnya, lipat kain perca menjadi dua bagian, lalu potong menjadi bentuk persegi. Jika sudah, jahit semua bagian pinggirnya agar lebih rapi. Kemudian, pasang tali sepatu pada empat bagian sudutnya, lalu jahit sampai kuat. Masker siap digunakan. 

2. Masker Kain Tanpa Jahit Tangan

Selain itu, Anda juga bisa membuat masker kain tanpa jahitan mesin maupun tangan. Pertama-tama, Anda harus menyiapkan dua buah karet, peniti dan kain perca. Jika tidak ada karet, Anda bisa menggunakan alternatif lain seperti tali sepatu.

Langkah pertama, lipat kain perca menjadi dua bagian. Lalu, masukan dua buah karet pada masing-masing ujung kain, lalu lipat ujung kain tersebut sampai bertemu. Gunakan peniti agar kain tersebut bisa menyatu. Pastikan peniti berada di bagian dalam agar lebih aman saat digunakan.

3. Menggunakan Baju Bekas

Cara lain untuk membuat masker jenis kain adalah dengan memanfaatkan baju bekas. Sebelum digunakan menjadi masker, pastikan baju tersebut sudah dicuci agar bebas dari jamur dan bakteri. Cara membuatnya sama dengan langkah satu atau dua. Anda bisa memilih apakah akan membuat masker dengan jahitan atau tidak sesuai dengan selera. 

Itulah tiga cara membuat masker jenis kain. Jika Anda terlalu kerepotan membuat masker kain, gunakan saja masker costum langsung pakai. Selain bisa membantu menangkal virus, masker ini juga bisa memberikan kesan yang keren saat Anda menggunakannya. Oleh karena itu, pesan sekarang juga dan dapatkan penawaran harga spesial khusus untuk Anda.

Reaksi: